Alat Bantu Batu Permata

Monday 17 February 20140 comments

http://indopermatagallery.tokobagus.com/
Pada Tulisan Cara Membedakan Batu Permata Asli Atau Sintetic telah disampaikan bahwa :

Banyak sekali orang terkecoh antara batu permata/batu Mulia / Batu Akik Palsu dan Asli, Berikut Cara Mudah  Membedakan Batu Mulia asli atau Palsu :


  1. Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.
  2. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa batu anda itu asli.
  3. Berat. Coba bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu. tetapi ada juga yang palsu lebih berat sekarang ini. 
  4. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.
  5. Cara mudah Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.
  6. Jika Batu Mulia/akik punya anda sendiri anda bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja) ada bisa lihat perubahan pada batu anda jika batu tersebut palsu. 
  7. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.
Beberapa alat bantu yang bisa kita pergunakan :

  1. Loupe Atau Kaca Pembesar, ini adalah  Alat Bantu Lihat Serat Batu
  2. Alat Test Permata dikenal dengan Presidium Gem Tester alat ini cukup mahal
  3. Alat Tes Berlian Keaslian Berlian, alat ini untuk menguji kadar kekerasan batu permata. Alat ini sangat terjangkau hanya sekitar Rp. 300 ribuan, buatan China. Ada juga yang lebih mahal. Alat bisa dipergunakan untuk membedakan kaca atau batu.
Disamping beberapa alat diatas, tentu saja Uji Laboratorium yang paling direkomendasikan, khususnya untuk batu permata dengan kualitas dan harga tinggi 

Sumber : http://indopermatamulia.blogspot.com/2014/01/alat-bantu-batu-permata.html
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Indo Permata Gallery - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger