Sunday, 2 March 2014

Apa Itu Batu Bacan ?

http://indopermatagallery.tokobagus.com/
"Saat ini batu bacan lagi naik daun, harganya selangit, sangat tidak masuk akal", demikian komentar seorang teman yang ikut bermain batu, "yeah iseng iseng berhadiah" begitu yang saya dengan di akhir pertemuan.

Jadi ingat saat booming "gelombang cinta, jemani dan kawan kawannya".....

Terlepas dari itu semua, tidak ada salahnya kita mencari tahu apa itu Batu Bacan?

Semula saya mengira bacan adalah singkatan dari batu cantik, ternyata bukan.

Batu Bacan (chrysocolla) adalah batu permata asli dari alam Pulau Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Selain warna hijau - biasa disebut bacan Doko - karena asalnya dari daerah Doko, ada juga yang berwarna kebiruan dan biasa disebut bacan Palamea dari wilayah Palamea.

Ada yang mengatakan bahwa perubahan batu bacan dari hijau kegelapan atau biru gelap menjadi lebih terang, bisa membawa berkah atau hoki bagi pemiliknya. Yang jelas harganya jadi lebih mahal dan kini menjadi bagian gaya hidup.

Batu jenis ini ada di Taiwan dan disebut blue jade dan jade yang berwarna hijau. Untuk itu bacan Doko maupun bacan Palamea sering disebut Giok Indonesia.

Informasi lain yang saya dapat saat browsing dengan kata "Apa Itu Batu Bacan ?" di google search, banyak sekali tulisan yang mengakat batu bacan sebagai judul tulisan, diantaranya :
Sebagai gambaran informasi kepada anda, Rough/Bongkahan Batu Bacan (Crysocolla) seperti tampak pada gambar diatas dengan berat 2 kg ditawarkan dengan harga Rp. 45.000.000,- (Nego) di Tokobagus.com

Informasi lebih lanjut dapat ada cari sendiri di google search...

Ingin ikut ikutan "bermain batu" ?

Semua tergantung pada pembaca....

Semoga bermanfaat...

Sumber :
  • Diolah dari berbagai sumber
  • Gambar diambil dari : Tokobagus.com