Tuesday, 11 November 2014

Apa itu Batu Moissanite ?

Moissanite suatu bentuk silikon karbida , adalah mineral langka ditemukan oleh Henri Moissan , dan memiliki rumus kimia SiC, dan berbagai kristal polimorf . Sebelumnya, bahan ini telah disintesis di laboratorium.

Latar Belakang 
Moissanite Mineral ditemukan oleh Henri Moissan sambil memeriksa sampel batuan dari kawah meteor yang terletak di Canyon Diablo , Arizona , pada tahun 1893. Pada awalnya, dia keliru diidentifikasi kristal sebagai berlian, tetapi pada tahun 1904 ia mengidentifikasi kristal silikon karbida. Bentuk mineral silikon karbida bernama Moissanite menghormati Moissan di kemudian hari dalam hidupnya. Penemuan di Canyon Diablo meteorit dan tempat-tempat lain ditantang untuk waktu yang lama sebagai carborundum kontaminasi dari abrasive tools manusia.

Kejadian Geologi
Sampai tahun 1950-an tidak ada sumber lain, selain dari meteorit, telah dialami. Kemudian Moissanite ditemukan sebagai inklusi di kimberlite dari tambang berlian di Yakutia tahun 1959, dan dalam Formasi Green River di Wyoming pada tahun 1958. Keberadaan Moissanite di alam dipertanyakan bahkan pada tahun 1986 oleh Charles Milton, seorang ahli geologi Amerika. Moissanite, dalam bentuk alami, sangat jarang. Hal ini hanya ditemukan di sejumlah kecil tempat dari atas mantel batu ke meteorit . Penemuan ini menunjukkan bahwa Moissanite terjadi secara alami sebagai inklusi berlian, xenoliths , dan batuan ultrabasa seperti kimberlite dan lamproite. Mereka juga telah diidentifikasi dalam chondrite karbon meteorit sebagai butir presolar .

Meteorit
Analisis butir SiC ditemukan di Murchison karbon chondrite meteorit telah mengungkapkan rasio isotop anomali karbon dan silikon, yang menunjukkan asal dari luar tata surya. 99% dari biji-bijian SiC ini berasal sekitar kaya karbon Asymptotic cabang raksasa bintang. SiC umumnya ditemukan di sekitar bintang ini sebagai disimpulkan dari spektrum inframerah mereka.

Sumber 
Semua aplikasi dari silikon karbida saat ini menggunakan bahan sintetis , sebagai bahan alam yang sangat langka. Silikon karbida pertama kali disintesis oleh Jöns Jacob Berzelius , yang terkenal karena penemuan silikon. Bertahun-tahun kemudian, Edward Goodrich Acheson menghasilkan mineral yang layak yang bisa menggantikan berlian sebagai bahan abrasif dan pemotongan. Hal ini dimungkinkan karena Moissanite adalah salah satu zat yang paling sulit dikenal, dengan kekerasan di bawah bahwa berlian dan sebanding dengan orang-orang dari kubik boron nitrida dan boron . Moissanite sintetis murni dapat dibuat dari dekomposisi termal dari polimer preceramic poli (methylsilyne) , tidak memerlukan matriks mengikat (misalnya kobalt bubuk logam).

Sifat Fisik
Struktur kristal dimiliki bersama-sama dengan kuat ikatan kovalen mirip dengan berlian, yang memungkinkan Moissanite untuk menahan tekanan tinggi hingga 52,1 gigapascals .  Warna bervariasi dan dinilai dalam rentang IJK pada gradasi warna berlian skala .

Aplikasi
Moissanite diperkenalkan ke pasar perhiasan pada tahun 1998.  Hal ini dianggap sebagai alternatif berlian, dengan beberapa sifat optik yang lebih besar dari berlian. Harga yang lebih rendah, serta praktek pertambangan yang kurang eksploitatif yang diperlukan untuk memperoleh itu, membuatnya menjadi alternatif yang populer untuk berlian.

Karena sebagian untuk konduktivitas termal yang sama Moissanite dan berlian, itu adalah target yang populer untuk penipuan; Namun, konduktivitas listrik tinggi dan birefringence dari Moissanite dapat mengingatkan pembeli untuk penipuan. Pada skala Mohs itu adalah 9,5, dengan berlian menjadi 10.

Moissanite lebih kuat dari safir atau ruby.

Di banyak negara maju, penggunaan Moissanite dalam perhiasan telah dipatenkan; paten tersebut berakhir pada tahun 2015 untuk AS, dan 2016 di negara-negara lain. Moissanite batu permata kadang-kadang dipasarkan di bawah merek dagang Berzelian, referensi ke karya Berzelius pada SiC.

Karena kekerasannya, dapat digunakan dalam eksperimen-tekanan tinggi, sebagai pengganti berlian (lihat sel diamond anvil ). Karena berlian berukuran besar biasanya terlalu mahal untuk digunakan sebagai landasan, Moissanite sintetis lebih sering digunakan dalam percobaan besar-volume.

Moissanite sintetis juga menarik untuk elektronik aplikasi dan termal karena yang konduktivitas termal adalah mirip dengan berlian.  daya tinggi SiC perangkat elektronik diharapkan untuk menemukan digunakan dalam desain sirkuit perlindungan yang digunakan untuk motor, aktuator , dan penyimpanan energi atau sistem tenaga pulsa.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Moissanite